TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Kazakhstan Nursultan Nazrbayef menilai perubahan di Indonesia cukup signifikan. Paling tidak dia melihat saat kunjungan keduanya ke Indonesia, Jumat (13/4/2012).

Melihat perubahan signifikan tersebut, khususnya di bidang ekonomi, ia yakin dengan pertumbuhan ekonomi yang baik, Indonesia akan bergabung dalam jajaran 10 negara ekonomi terbesar. Karenanya, ia mengatakan kerjasama dengan Indonesia adalah sau kehormatan bagi Kazakhstan. Apalagi, Indonesia dan Kazakhstan memiliki misi yang sama menjadi negara dengan ekonomi yang kuat dan maju 2015 mendatang.

“Kita punya pandangan yang sama dalam pembangunan. Indonesia 2025 akan menjadi ekonomi yang kuat dan maju. Dan ini serupa dengan Kazakhstan. Kita memiliki peluang yang sama, dan kerjasama yang baik di tingkat bilateral,” demikian ia mengutarakan dalam konferensi pers bersama, saat bertemu Presiden SBY, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/4/2012).

“Ini tanda-tanda yang sangat baik, dan ini juga niat baik untuk meningkatkan dialog dengan Indonsia sebagai negara terbesar yang berpenduduk islam di seluruh dunia. Kita akan meningkatkan kerjasama kita dengan Indonesia terutama dengan kementrian-kementerian terkait,” lanjutnya menjelaskan.

Lebih lanjut ia menambahkan Kazakhtan yang baru saja memperingati 20 tahun hari kemerdekaannya, negaranya telah membuka kedutaan di Jakarta dan menunjuk dubes untuk Indonesia. Ini merupakan satu bentuk keseriusan Kazakhstan mengikat kerjasama dengan Indonesia.

Pun demikian, melalui lawatan kenegaraannya kali ini, Indonesia dan  Kazakthan saling memberikan peluang untuk meningkatkan kerjasama investasi dan perdagangan. Dan dalam perspektif khusus kedua negara memandang perlu bahwa sektor energi, Transportasi, pertanian, proses makanan dan UKM sebagai peluang untuk meningkatkan kerjasama.

“Dan kita juga sepakat untuk menetapkan joint venture di sektor-sektor yang memiliki kepentingan bersama. Kazakhstan siap untuk mempertimbangkan peluang untuk memberikan gandum dan produk-produk lainnya ke Indonesia,” sebutnya.

 


Comments




Leave a Reply