Lusia Kus Anna | Selasa, 15 Mei 2012 | 13:54 WIB


Kompas.com - Universitas Negeri Medan menyiapkan 55 jurnal ilmiah online dari 38 program studi yang ada di perguruan tinggi itu sebagai salah satu upaya mendorong mahasiswa untuk memperbanyak tulisan karya ilmiah.
     
Pembantu Rektor I Universitas Negeri Medan (Unimed) Profesor Khairil Ansari di Medan, Selasa, mengatakan bahwa penyiapan jurnal ilmiah online tersebut dalam rangka menyikapi edaran Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) mengenai lulusan strata satu (S-1), S-2, dan S-3 yang harus menulis hasil kajian skripsi di jurnal ilmiah.
     
"Sesuai dengan edaran Dikti per Oktober 2012, akan diberlakukan bahwa setiap lulusan S-1 wajib menulis kajian skripsi di jurnal ilmiah. Dalam hal ini jurnalnya adalah online. Begitu pula, tesis S-2, sedangkan untuk S-3 yakni jurnal internasional," katanya saat membuka pelatihan pengelolaan jurnal Online Unimed.
     
Sejauh ini, lanjut dia, ada beberapa web jurnal online yang telah dimiliki Unimed, namun belum diakui pemerintah karena untuk bisa diakui harus masuk dalam portal yang telah disiapkan pemerintah yakni Portal Garuda.
     
"Selain untuk lebih memberikan keringanan biaya dibandingkan menggunakan jurnal cetak, jurnal online ini juga mencegah terjadinya plagiat dalam pembuatan karya skripsi," katanya.
     
Menurut dia, jurnal online Unimed tersebut disiapkan sebagai salah satu upaya mengantisipasi edaran Dikti sebelum menjadi peraturan menteri pendidikan.

"Saat ini kami telah mendaftarkan 55 jurnal online dan diharapkan dalam minggu depan sudah mulai diisi dengan karya skripsi mahasiswa kami yang baru diwisuda," katanya.
     
Ketua Panitia Pelatihan Dr. I Wayan Dirgayasa mengatakan untuk pengelolaan jurnal online tersebut, pihaknya terlebih dahulu melakukan pelatihan dengan mengundang narasumber dari Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mengingat sejauh ini, Unnes telah memiliki dan menerapkan jurnal online sesuai dengan edaran Dikti.
     
"Unnes telah memiliki 110 jurnal online dan telah berjalan. Untuk itu, kami menghadirkan pembicara dari Unnes, yakni Dr. Sutikno agar bisa memberikan masukan dan pengalaman dalan pengelolaan jurnal online yang telah mereka terapkan sebelumnya," katanya.

 


http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/15/13541761/Unimed.Siapkan.55.Jurnal.Ilmiah.Online
 


Comments




Leave a Reply